Minggu, 21 Desember 2008

Jepang Memasarkan Robot Terbaru


New York: Tiga penemuan baru di bidang teknologi diluncurkan Japan Society di New York, Amerika Serikat, belum lama ini. Teknologi yang diluncurkan mulai dari robot sampai mobil masa depan yang mampu beroperasi dalam posisi vertikal maupun horizontal.



Robot Chroino karya Tomotaka Takahashi mendapat kesempatan pertama untuk menunjukkan kebolehannya. Robot hitam setinggi 30 sentimeter itu mampu bergerak lentur layaknya gerakan manusia. Karena itulah, Chroino dinamakan robot humanoid. Tak hanya itu, Takahashi menampilkan FT yakni robot seksi yang mampu melenggok layaknya model di catwalk. liat aja di foto betapa kerennya neh robot..


Dalam eksibisi itu ditampilkan pula kendaraan futuristik bernama I-Unit. Kendaraan berkapasitas tunggal ini dapat dioperasikan dalam dua cara. Pertama, I-Unit dikendarai dengan posisi vertikal saat menempuh kecepatan rendah. Kendaraan tersebut juga bisa melaju dalam posisi horizontal saat menempuh kecepatan tinggi.



Berbeda dengan Chroino, FT, dan I-Unit yang belum akan dilempar ke pasar, Paro atau robot anak anjing laut siap dimiliki mereka yang berminat. Robot yang bereaksi terhadap suara dan sentuhan ini dijual dengan harga US$ 3.000 atau sekitar Rp 27 juta. Selain sebagai peliharaan, Takanori Shibata mengatakan robot hasil kreasinya itu juga bisa digunakan sebagai alat bantu terapi di rumah sakit maupun panti wreda.(TOZ)


Tidak ada komentar: