Minggu, 21 Desember 2008

Sony Pamerkan Robot Manusia Terbaru


Aibo sebentar lagi punya tuan yang benar-benar mirip dengannya, karena Sony telah memamerkan prototipe robot manusia terbarunya, SDR-4X, yang rencananya akan dipasarkan akhir tahun ini.



SDR-4X merupakan pengembangan dari prototipe RDS-3X yang dikenalkan pada Robodex 2000, ajang pertama di dunia yang memamerkan robot-robot hiburan. Menjelang Robodex 2002 yang hanya tinggal seminggu lagi, para ilmuwan di Sony Digital Creators Laboratory di Tokyo memperkenalkan prototipe terbaru serta perkembangan apa saja yang ada di dunia robot dalam 16 bulan terakhir ini.



Para ilmuwan Sony berusaha mengemas berbagai teknologi ke dalam SDR-4X, robot yang tingginya kurang dari 60 sentimeter dan beratnya 7 kilogram ini. Didayai oleh dua prosesor RISC, SDR-4X mampu melakukan 38 gerakan berbeda, jauh dari kemampuan pendahulunya yang cuma bisa melakukan 24 gerakan.



Di antara pengembangan yang ada pada versi baru ini, ada dua hal yang cukup penting yakni sistem kontrol gerakan yang bisa disesuaikan secara real-time dan teknologi komunikasi yang lebih canggih, termasuk pengenalan wajah dan pengenalan percakapan yang rumit.



Sistem pengontrol gerakan memungkinkan SDR-4X berjalan dan melakukan gerakan yang tidak bisa dilakukan versi sebelumnya, misalnya menyeimbangkan badan saat berjalan di atas karpet atau tikar Jepang, tatami. Walaupun tampaknya sepele, ini merupakan pekerjaan yang sulit bagi sebuah robot.



Sepasang kamera digital juga melengkapi SDR-4X, agar robot ini memiliki pandangan stereoskopik. Pandangan ini memungkinkan robot ini memutari obyek yang berada di hadapannya. Model pertama hanya memiliki satu kamera, sehingga tidak bisa mengukur kedalaman benda.



Kamera tersebut juga membantu para ilmuwan mengatasi tantangan satunya yaitu meningkatkan interaksi antara robot dan manusia. SDR-4X punya kemampuan untuk mengingat wajah 10 orang dan bahkan mengenali emosi pada wajahnya.



Teknologi pengenalan suara dan percakapan yang telah dikembangkan memungkinkan robot ini mengenali orang dan mengerti percakapan bersambung, dan bukan hanya sepenggal kata-kata seperti kemampuan Aibo atau SDR-3X. Saat dipamerkan, robot yang mengenal 60.000 kata ini bahkan menyapa seorang pengunjung dengan kata-kata, "Tolong berdiam diri sebentar karena saya akan merekam wajah Anda."



Berbeda dari Asimo, robot buatan Honda Motor Co. yang dirancang untuk membantu pekerjaan manusia, seperti produk Sony yang lain, SDR-4X dibuat untuk memberikan hiburan sehingga ia dilengkapi kemampuan bernyanyi dan menari dengan gerakan halus.



Dalam waktu dekat ini, SDR-4X akan dipamerkan ke publik pada Robodex 2002 di Yokohama, Jepang. Dengan tema "Robots as Partners", pameran ini akan mengetengahkan teknologi robot terbaru.


Tidak ada komentar: